Kamis, 26 Februari 2015

Sesi Curhat (SEHAT) Mbak Koass 1

Koass, adalah sebutan beken kami di rumah sakit ketika masih menjalani pendidikan kepaniteraan klinik. Nama keren yang sesungguhnya sih 'Dokter Muda', tapi dari saya masuk sampai saya udah tinggal 3 minggu lagi disiniiiiiii, nggak ada yang panggil dokter, sedih ya? Tapi itu masih mending, bahkan kalo jaga, kita sering dimintai tolong pasien dengan panggilan kesayangan 'Suster, infus bapak saya habis. Minta tolong diganti.' Disitu kadang saya merasa sedih. Hahahaaa. Ya, ya. Meski bukan kerjaan kita, demi pasien mah apa yang enggak. Buat koass pasien adalah segalanya, bukan lagi kamu, iya kamu :p

Nah nah, dari sini saya akan memulai cerita saya. Tapi sebelumnya, mari kita berkenalan dulu dengan istilah-istilah yang akan banyak saya pakai nanti di SEHAT Mbak Koass. Cekidot!

Koass/dokter muda : seorang yang sedang berjuang untuk menjadi dokter yang sebenar-benarnya. Lulusan sarjana bertitle S.Ked tapi tak pernah sombong menyertakan gelarnya. Entah lupa atau memang sering dilupakan.

Jaga : kegiatan setia, menunggui pasien dan berdiam di rumah sakit dari mulai jam 14.00 sampai jam 07.00 esok harinya. Waktu jaga adalah berbeda dengan kegiatan rutin koas, kegiatan rutin koas berlangsung dari jam 07.00 sampai jam 14.00 saja, 6 hari kerja. Kalau ahad atau hari libur, jaga dibagi jadi 2 shift : jam 07.00-19.00 dan jam 19.00-07.00.

Stase : adalah bagian-bagian dari pembelajaran kami, untuk FK UNS tempat saya koass, stase besar terdiri dari : anak (pediatri), bedah, interna (penyakit dalam), dan obsgyn (kandungan). Stase kecilnya ada : THT, mata, kulit, farmasi, forensik, gigi mulut, radiologi, pulmonology (paru), cardiology (jantung), anestesi, psikiatri (jiwa), IKM, neurology (syaraf), dan rehabilitasi medik.

Staff : dokter spesialis konsulan, semacam guru di sekolah.

Residen : dokter umum yang sedang sekolah spesialis, nasibnya nggak beda jauh dari koass, sahabat perjuangan yaaaanngg, ah sudahlah.

RSDM : Rumah Sakit Dokter Moewardi, Surakarta (Solo). RS rujukan daerah tipe A, yang lagi kejar akreditasi JCI. Rumah utama kami, koass FK UNS. Kosan, kontrakan, dan rumah yang sesungguhnya adalah rumah kedua bagi kami, atau biasa disebut gudang, tempat tidur dan taruh baju saja.

*Semoga bisa dipahami, istilah yang lainnya menyusul seiring cerita saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar